Komputek 784

Image Resizer

11 Oktober 2012



Cara gampang ubah ukuran gambar dari Windows Explorer

Image Resizer adalah sebuah tool yang ringan namun cukup berguna sekali untuk melakukan perubahan ukuran sebuah gambar (picture), tanpa harus menggunakan program editing apapun. Hal ini cukup dilakukan pada Windows Explorer, hanya melakukan klik kanan pada gambar yang dipilih, seperti disulap, lebih praktis dan lebih cepat.

Aplikasi gratisan

Tool ini merupakan aplikasi gratisan yang bisa didapatkan pada situs resminya : http://imageresizer.codeplex.com/downloads/get/347439, ukuran filenya cukup kecil hanya berukuran kb saja. Tidak ditarik biaya untuk membelinya ketika anda melakukan klik untuk mendownload file ini.

Instalasi mudah

Setelah selesai mendownload file installer "Image Resizer", lakukan double klik file installer tersebut, dan tampillah dialog awal program ini.

Klik "I agree to the license terms and conditions" dan klik "Install". Dialog selanjutnya menunjukkan progres, dalam proses ini diperlukan untuk melakukan instalai "Microsoft .NET Framework 4

 

biarkan saja progresnya hingga selesai dan klik "Install"

 

 

Kini sistem melakukan installasi "Framework 4" secara online

 

tunggu saja beberapa menit tidak terlalu lama, hingga progres selesai, lalu klik "Finish"

 

Kini kembali ke dialog instalasi "Image Resizer" yang menyatakan "Setup Succesful" dan klik "Close"

untuk mengakiri proses dari dialog ini.

 

Menjalankan Image Resizer

Tidak banyak yang harus dilakukan untuk menjalakan aplikasi ini, karena tidak diregister pada "Start Menu", jadi cukup buka saja Windows Explorer anda, dan pilih folder yang berisi gambar - gambar untuk dilakukan perubahan ukuran (resize). Pilih salah satu atau lebih gambar, klik kanan pada gambar tersebut dan pilih menu "Resize pictures"

 

Tunggu beberapa saat dan tampil dialog "Image Resizer for Windows". Dalam dialog ini terdapat banyak setingan ukuran gambar yang sudah ditetapkan dan juga anda bisa menentukan sendiri ukuran sesuai kebutuhan (custom) dan pilih ukurannya, lalu klik "Resize" 

 

Ternyata aplikasi ini tidak merubah file aslinya, melainkan menyalin-nya dengan ukuran sesuai dengan yang anda seting pada Image Resizer ini

Sekarang lakukan pengecekan apakah memang ukuran (piksel) sudah berubah sesuai dengan setingan anda tad, klik kanan file gambar tersebut dan pilih "Properties.

 

Tampil dialog, pilih tab "Details" geser kebawah scroll bar disisi kanan, posisikan pada "Image ID", disitu tercantum ukuran file gambar tersebut .

Dan ternyata memang file gambar yang anda pilih tadi telah mengalami perubahan ukuran (piksel) tanpa ribet menggunakan aplikasi editor lain. Selamat mencoba.

 




Komentar




Nama

E-mail

Komentar